My Blog Novel “Thirty Jazzy Mr Knightley” (#TJMK): Synopsis & Prologue

TJMK Act 1 Cover - Blogvel

TJMK - Blogvel 01-04 TJMK - Blogvel 01-02

 TJMK - Blogvel 01-09

PROLOG
Usia 31, Bali, Desember 2007
How Do You Keep The Music Playing

=================================

Di kamar hotel ini, di Bali
Kamis, 13 Desember 2007

Dear Sayangku…

Terima kasih atas bulan madu yang menyenangkan bersamamu. Tiga malam bagai di khayangan adalah yang terindah yang pernah kurasakan. Hahaha, cliche sekali kedengarannya, tapi toh demikianlah yang sejujurnya. Bahasa cinta-cintaan seperti itu memang seringkali kita ketawain, tapi kali ini aku tak punya pilihan lain. Aku merasa bahagia, dan kamu adalah penanggungjawabnya.

Sayangku…

Sejak terbangun pagi buta tadi, otak dan hatiku tiba-tiba berkontemplasi. Mungkin karena ini hari terakhir kita berada di negeri dongeng. Mungkin karena rasa yang kelewat bahagia ini mesti dinetralisir oleh logika agar lebih membumi. Atau mungkin, simply, karena aku hobi mikir, hahaha. Kamu bahkan pernah bilang padaku, bahwa tidak semua hal perlu pemikiran panjang. Terkadang bertindak impulsif dan membiarkan sesuatu berlalu, justru memudahkan berkehidupan. Meski tak sepenuhnya kusetujui, namun kenyataan berbicara bahwa menikahimu adalah tindakan paling impulsif – untuk sesuatu yang sangat besar – yang pernah kulakukan selama hidupku.

Sayangku…

Diantara pemandangan pantai diluar kamar yang bahkan mataharinyapun belum dimunculkan, pemandangan kamar kita yang “berantakan”, dan pemandangan wajahmu yang mendamaikan, aku putuskan untuk menulis surat ini. Aku ingin memulai kehidupan pernikahan kita dengan sebuah pola pikir sederhana sebagai langkah pertamanya, yaitu bahwa “masa lalu biarlah berlalu dan masa depan butuh penyesuaian”. Aku belum punya teori berumah tangga yang ideal, dan meski aku tak pernah mau mengakui bahwa aku takut menghadapi masa depanku bersamamu, namun aku punya kekhawatiran bahwa permasalahan kehidupan akan segera muncul di hadapan. Dan jika saat itu datang aku ingin kamu ingat sesuatu, bahwa adanya kita berawal dari berteman. Hubungan pertemanan yang nyaman telah membawa kita pada sebuah pernikahan, dan oleh karenanya marilah kita selalu menjaga kenyamanan ini sampai maut memisahkan.

Sayangku…

Aku punya lagu untuk itu. Judulnya How Do You Keep The Music Playing. Aku tahu pasti kamu tidak mengenalnya, karena kita memang seberbeda langit dan bumi, gunung dan laut, burung dan ikan, ibaratnya. Faktanya, aku suka Jazz, kamu suka Rock. Aku penggila film musikal, kamu justru tak tahan menontonnya. Kamu menggemari novel pembunuhan, aku bahkan takut membacanya. Aku doyan kambing kamu demen lalapan, aku minimalis kamu aksesoris, aku oranye kamu hijau, aku pendiam kamu lantang, dan seterusnya dan seterusnya, sampai toh pada akhirnya aku pria kamu wanita. Alhasil aku simpulkan saja, bahwa tak ada gunanya semua perbedaan kecuali untuk disatukan. Bukannya mau sok bijaksana, karena toh aku menyadarinya juga belum lama, yaitu sejak aku terheran-heran menemukan diriku jatuh cinta sama kamu. Dan apalah artinya punya teori kalau aku sendiri punya kekhawatiran dalam implementasinya.

Sayangku…

Lagu ini buat kita berdua. Lagu ini mencerminkan kegalauan sekaligus keyakinan, memikirkan masa lalu dan masa depan, serta melempar pertanyaan yang menempatkan pertemanan sebagai jawaban. Disini, Cinta diibaratkan sebagai Musik. Meski dinyanyikan dalam aliran musik Jazz yang tak kau sukai, kumohon kamu mau menyimak lagu ini dengan baik dan benar, setidaknya untuk merenungi liriknya. CD-nya ada dibawah surat ini, dari set album double-CD and DVD-nya Laura Figy yang bertajuk The Romantic Collection. Asal tahu saja, CD dan DVD ini kubeli minggu lalu sebelum acara pernikahan kita, khusus untuk bulan madu ini. Untungnya kamu tidak keberatan saat aku memutar lagu-lagu Jazz sebagai pengiring dansa-dansi kita di kamar ini setiap malam.

Sayangku, begini liriknya…

How do you keep the music playing, how do you make it last
How do you keep the song from fading too fast
[Bagaimana cara kita mempertahankan cinta? Bagaimana cara agar cinta kita tak akan pudar?]

And how do you lose yourself to someone and never lose your way
How do you not run out of new things to say
[Bagaimana kita bisa hidup bersama tapi tetap menjadi diri sendiri? Tidakkah kita akan bosan?]

And since we know we’re always changing, how can it be the same
And tell me how year after year you’re sure your heart will fall apart each time you hear her/his name
[Jika kita sebagai manusia selalu berubah, bagaimana cinta akan tetap sama? Akankah kita saling mencemburui masa lalu kita?]

I know the way I feel for you is now or never
The more I love the more that I’m afraid, that in your eyes I may not see forever
[Yang kutahu hanyalah cintaku saat ini. Dan semakin kucintai kamu, makin takut aku kehilanganmu.]

If we can be the best of lovers yet be the best of friends
If we can try with everyday to make it better as it grows, with any luck, then I suppose, the music never ends
[Namun jika kita bisa menjadi kekasih sekaligus teman sejati. Mencoba memperbaiki diri hari demi hari. Kurasa cinta kita tak akan pernah mati.]

Sayangku…

Masa laluku tidaklah seindah dongeng. Kamu toh sudah tahu semuanya, karena memang tak ada sesuatu yang perlu disembunyikan kepada seorang teman, meskipun saat itu tak terpikir olehku menjadikanmu istriku. Entah itu sebuah keuntungan atau kerugian bagi rumah tangga kita nantinya, harapanku hanyalah pada rasa percaya kita. Percaya bahwa kita tidak ingin saling menyakiti, dan bahwa kita akan bisa hidup bersama selamanya. Amin.

I love you, Sayangku…
Erik.

PS. Kutunggu kamu di bawah sambil sarapan.

Link Lagu “How Do You Keep The Music Playing”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s