Cuplikan Opening Ceremony Asian Games 2018: Video Trending di YouTube yang Membuka Mata Netizen Dunia

Sudah lewat seminggu Asian Games 2018 dibuka di Gelora Bung Karno, tapi saya dan istri masih belum bisa move-on dari kemeriahan acara Opening Ceremoni nya. Bangga dan haru pada Bangsa yang kami rasa saat menontonnya kali pertama, rasanya tak ingin kami hapus cepat-cepat dari hati. Kami nonton berulang kali via YouTube, biasanya sepulang kantor. Pada awalnya, kami hanya menikmati Tari Saman yang phenomenal itu, atau aksi Mission Impossible nya Pak Jokowi yang seru, atau lagu dan tari meriah sambil terkesima dengan tata cahaya dan panggungnya. Saking seringnya diulang, YouTube kemudian memunculkan beberapa “Suggested Video” yang judulnya seputar “Reaction To Opening Ceremony Asian Games 2018”. Kami klik salah satu asal iseng, ternyata kami suka. Lalu kami klik lagi lainnya, dan lainnya, dan lainnya, dan sampai saat ini mungkin sudah hampir seratus “video reaksi” yang kami tonton!

Video-video reaksi ini berisi ekspresi pembuat video saat pertama kali menonton sebuah video lain. Jadi sepertinya, aktivitas ini banyak dilakukan para Netizen jaman now untuk menarik perhatian pemirsa YouTube dan menyenangkan para “subscribers” mereka, agar angka “viewers” videonya meroket, yang mana ujung-ujungnya adalah imbalan uang dari YouTube sebagai kompensasi iklan yang tertayang. Seringkali video yang dibikin reaksinya adalah video yang disarankan oleh para subscribers itu sendiri, agar mereka setia pada channelnya.

Nah, kembali ke Opening Asian Games 2018, kebanyakan video reaksi yang kami sukai adalah bikinan para YouTubers luar negri. Lucu aja melihat ekspresi kaget, merinding, terharu, atau bahkan ketidaktahuan mereka bahwa ternyata ada semacam Olimpiade khusus untuk bangsa-bangsa Asia. Kami mungkin naif, di usia tak lagi muda ini masih saja menikmati video amatir dari orang-orang yang mungkin lebih berorientasi bisnis ketimbang tulus, secara Indonesia adalah salah satu pasar viewers terbesar YouTube. Tapi diakui atau tidak, kami senang melihat kekaguman mereka pada perhelatan akbar negri kita ini.

Sejak awal mereka sudah dikagetkan oleh keberanian Pak Jokowi naik motor (meski maklum bahwa pastinya pakai stuntman), dan lantas menyebut beliau “The Coolest President”. Lalu saat melihat Tari Saman, mereka langsung tercengang oleh kekompakan ribuan penari yang tersinkronisasi tingkat tinggi. Beberapa YouTubers bahkan sampai merasa “goosebumps” alias merinding saking kagumnya. Dilanjutkan dengan lagu dan tari lainnya diatas panggung spektakuler bernuansa alam, dengan air mancur dan bulan purnama yang tak pernah ada sebelumnya, mereka terpesona oleh keragaman budaya Indonesia dengan “special effect” kelas dunia, dan tak ketinggalan percikan kembang api tiada henti hingga acara selesai.

Diantara beberapa video di YouTube seputar acara pembukaan Asian Games yang mereka reaksi, video bertajuk “Cuplikan Kemeriahan Opening Ceremony Asian Games 2018” bikinan NetTV (link: https://youtu.be/rrn61beEVQM) adalah yang paling lengkap penyajiannya, dari intro hingga akhir acara. Durasinya yang 10 menit sangat ideal untuk dibuat bahan video reaksi, mengingat default batasan durasi upload YouTube tanpa verifikasi akun adalah 15 menit. Mungkin durasi itu disengaja untuk kepentingan “Public Relation” modern negara kita. Tinggal taruh saja video itu di YouTube, maka mesin multiplier yang digerakkan oleh para Netizenpun berjalan dengan sendirinya. Dan bagi kami, rasa bangga di hati ini terpelihara subur tiap kali melihat tercengangnya mereka pada Pak Jokowi, pada Penari Saman, dan pada kemegahan acara yang Indonesia sajikan untuk dunia.

Saya jadi ingat empat tahun lalu saya me-relawan-kan diri dalam kampanye Pilpres Pak Jokowi. Sebagai pengguna sosmed aktif, saya sempat bikin lima tulisan politik di blog pribadi www.primasantika.wordpress.com, yang mana sebelum itu saya nggak pernah mimpi mau peduli dengan politik seumur hidup saya. Salah satu dari tulisan saya itu yang terkait dengan Kampanye Kreatif yang disampaikan melalui media Musik Jazz, mendadak dibaca hingga 500an orang hanya dalam hitungan menit! Saya pasang di blog, posting di Twitter, saya tinggal mandi, begitu selesai mandi langsung dapet email notifikasi jumlah pembaca meroket. Internet memang hebat! Dan saya ingat juga bahwa saat itu Pak Jokowi sempat menjanjikan Industri Kreatif akan ditumbuhsuburkan oleh beliau. Alhamdulillah, Opening Asian Games 2018 ini jadi salah satu buktinya. Akankah saya jadi relawan kampanye lagi tahun depan buat Pak Jokowi? Kita lihat saja nanti. Masih lama ini!

So, buat yang mau mengintip bagaimana tercengangnya mereka, dibawah ini saya pilihkan beberapa. Selamat menikmati dan berbangga diri, hihihi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s